Skip to main content

Mimpi Besar Para Petani NU


'Think Big, Start Small, Let's do it'. Pemeo itu sebenarnya sudah terpajang lama. Entah berapa kali aku membacanya. Yang jelas sering, tapi pergi begitu saja tanpa kesan. Dipampang di bagian ruangan workshop Sentra Produksi Agribisnis Terpadu (SPAT) Purwodadi, Pasuruan. Lembaga ini milik Mas Unggul, si Bakpao Telo. Nama lengkapnya, Ir. Unggul Abinowo. Pengusaha agribisnis sukses, seniorku di alamater Pertanian Unibraw Malang dulu.
Namun, sejak sebulan terakhir, pemeo itu begitu kutemukan momentumnya. Di ruangan itu, akhir pekan lalu aku menfasilitasi sebuah perbincangan dengan para pegiat pertanian NU. Aku menjadi fasilitator perbincangan tu: Diskusi Pemetaan Potensi Agribisnis dalam rangka Program Pendampingan Kemandirian Petani NU. Diselenggarakan PCNU Kabupaten Pasuruan, tepatnya pada Sabtu, 20 Juni kemarin. 30 peserta hadir, terdiri dari Pengurus Cabang, Lembaga Perekonomian dan Pengembangan Pertanian serta utusan 19 MWC NU. Aku suka acara ini, karena menjadi pijakan untuk langkah berikutnya. Rasa itu, juga ada pada benak Gus Son (ketua PCNU), Cak Muslim (wakil ketua) dan Mas Unggul.
Dan perbincangan kami menyimpulkan. Rendahnya penghasilan petani di desa-desa, menunjukkan bahwa sektor pertanian belum digarap secara optimal. Faktor utamanya adalah belum siapnya mental dan kapasitas petani NU untuk bersaing dengan arus deras bisnis global yang kini merambah hingga ke pelosok desa. Untuk itu, diperlukan langkah serius untuk mengupayakan kemandirian petani NU di tingkat local dengan melakukan pendampingan produksi, permodalan dan pembentukan pasar.
Hasil pemetaan menunjukkan, di wilayah 19 MWC ditemukan beberapa produk agribisnis yang bila diolah dan dikemas akan menjadi tambang emas bagi peningkatan penghasilan petani NU. Produk olahan dan kemasan tersebut akan laku keras di pasaran apabila dilakukan pembinaan pengolahan pasca panen dan mengemasnya secara menarik dengan brand (merk) yang sesuai selera pasar.
Kami sedang tidak membual. Tapi kami sedang 'berpikir besar', dan memulainya saat ini dengan langkah kecil. Bismillah, PCNU telah melatih dan membina 20 petani salak untuk menjadi pengusaha makanan-minuman berbahan baku salak. Sebelum puasa ini, bahkan mereka siap melempar satu produk unggulannya yaitu Dodol Salak Kersikan ke pasaran.
Mereka dikumpulkan dalam tiga kelompok petani pengolah salak: masing-masing di kecamatan Gondangwetan, Pasrepan dan Puspo. PCNU telah menyiapkan tiga unit mesin vacuum fresh dryer untuk pembuatan kripik salak. Harganya masing-masing 20 jutaan, dan diperoleh dari iuran modal para petani dan PCNU, sisanya akan dikreditkan ke perbankan.
Kesiapan untuk bersaing para petani NU kita memang rendah. Sebagai produsen mereka butuh difasilitasi dan disambungkan dengan jaringan permodalan dan pasar. Mesin terus menderu. Menurut rencana, bulan Juli-Agustus kami akan mulai lagi. Kali ini, pelatihan processing dan pemasaran Olahan Udang dan Bandeng untuk para nelayan dan petani tambah di 4 MWC, masing-masing Kraton, Rejoso, Lekok dan Nguling. Pandanganku menerawang. Andai potensi agribisnis NU berkembang. Duh... Mbayangin produk agribisnis petani NU, ada Petis kraton, ada olahan mangga, tape dan kripik singkong terpajang manis di pusat perbelanjaan elite hingga tersebar di outlet dan toko di nusantara. Indahnya..
Ya... Aku harus berpikir besar. Tapi harus aku mulai dari yang kecil-kecil dulu. Dan, yang penting, langsung dilakukan. Tak usah ditunda. Ibda' binafsik, bil istiqamah, dan tentunya bi niyatin shalihah.

Comments

Popular posts from this blog

#tentangAyah: Gus Dur di Mata-Hati Alissa Wahid

Dalam kesempatan bertestimoni #tentangAyah, di nuansa Hari Ayah (Father’s day) yang biasa diperingati pada pekan ketiga bulan Juni, Alissa Qatrunnada Wahid, putri pertama KH. Abdurrahman Wahid bercerita tentang ayahanda tercintanya. Kesaksian Mbak Lisa melalui rangkaian tweet (yang sengaja saya sambung satu persatu) di jaringan social twitter, membuat para followernya (termasuk saya) termenung, terhenyak dan trenyuh, dengan kisah pandangan mata yang nyata di balik kebesaran nama almarhum. Gus Dur seorang yang sederhana, tidak berlebih secara materi, dan (yang terpenting) hatinya bersih, putih dan bening, sebening salafunas shalihin. Gus Dur adalah pejuang, mujahid untuk orang banyak. Jadi wajar kalau beliau dicintai khalayak. Kepada kita, Alissa berpesan agar pengikut dan pendukungnya bisa meneladani dan meneruskan perjuangan beliau. Berikut penuturan lengkap Alissa Wahid: Ayahku bukan hanya milikku. Anak ideologisnya banyak sekali. Membuatku merasa nyaman, karena d

Televisi dan Keresahan Para Kiai

Berbagai stasiun televisi lokal mulai bermunculan di Jatim. Di antara mereka, menyembul TV9 milik PW NU Jatim. Televisi itu lahir lantaran sejumlah kiai resah atas maraknya acara TV yang nilai-nilainya cenderung luntur. LAYAR televisi itu menyajikan gambar laki-laki tua dan muda duduk membawa rebana. Mereka mengenakan baju koko. Di sebelah gambar itu ada sosok pria dan wanita yang mengatupkan tangan sebagai tanda salam. Intinya adalah tulisan di antara dua gambar itu. Yakni, Santun Menyejukkan . Tagline tersebut ditampilkan pada 31 Januari saat TV9 diresmikan Gubernur Jatim Soekarwo di Jalan Raya Darmo 96. Bangunan itu merupakan kantor lama PW NU Jatim. Di bangunan itulah TV9 kini berkantor. Acara-acara stasiun anyar tersebut memang masih belum mengudara. Sebab, sejumlah peralatan masih dipersiapkan. Di antaranya, pemancar, antena, dan peralatan untuk memperkuat jangkauan tayang. Pemancar itu diletakkan di Kelurahan Sambisari, Sambikerep, berbaur dengan pemancar stasiun televisi

Sindikasi Media-Media NU

Liberalisasi ekonomi di Indonesia berakibat pada penguasaan sektor strategis oleh pihak swasta terutama swasta asing. Eksistensi kita sebagai bangsa menjadi terancam. Bila tak ada perlindungan memadai dari negara, maka bisa dipastikan rakyat Indonesia akan menjadi obyek langsung liberalisme dan kapitalisme dunia. Salah satu sektor strategis yang hampir sepenuhnya dikuasai swasta (domestik dan asing) adalah sektor media. Oligopoli industri media telah membawa Indonesia pada ancaman serius di bidang kebudayaan mengingat industri media lebih menempatkan aspek bisnis sebagai misi utama mengesampingkan aspek budaya baik berupa norma sosial maupun agama. Sinyalemen Pakar Komunikasi Massa Dennis Mc Quail: conten of the media always reflects who finance them (isi media apa kata siapa pemilik media) benar-benar terbukti. Ketika Media dimiliki oleh kaum kapitalis (sebagian di antaranya kapitalis media internasional), maka pesan yang keluar dari media (cetak, elektronik dan internet) lebih