Skip to main content

Jalan Cahaya Kartini

Sepertinya akan lebih bermakna, bila membaca Kisah Hidup Raden Ajeng Kartini dari sisi pemahaman mendalam almarhumah terhadap idiom Dari Gelap Menuju Cahaya. Filosofi ‘Cahaya Setelah Kegelapan’ dipahami dari sebuah Kitab Tafsir Berbahasa Jawa Pertama di Dunia, dicetak pada November 1893 oleh Percetakan HM Amin Singapura. Di sampul kitab setebal 503 halaman berjudul Faidlur Rahman fi Tarjamati Tafsir Kalam Malikid Dayyan itu tertera jelas sang mushannif, KH. Sholeh bin Umar Assamarani. Kyai Sholeh Darat, beliau biasa disebut. Darat adalah nama Desa tempat pesantrennya berada. Assamarani adalah Semarang. Kiai Hebat. Bagaimana tidak dua murid beliau kelak menjadi Muassis dua organisasi Islam terbesar di dunia: Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Tidak seperti puluhan atau bahkan ratusan judul buku berbahasa dan terbitan Belanda yang sudah dilahap Kartini sebelumnya, Kitab Tafsir Alqur’an Bahasa Jawa ini begitu menarik hatinya. Kartini bahkan menjadi Asbubul Wurud, musabab penting sampai akhirnya Kyai Sholeh Darat berkenan menulis Kitab Tafsir Al Qur’an berbahasa Jawa, satu hal yang tabu kala itu, di era pemerintahan kolonial yang tak sepenuh hati membuka pintu intelektualitas Kaum Bumiputera. Rengekan Bocah Perempuan bernama Kartini yang merasa menemukan getaran spiritualitasnya kala menyimak kandungan samudra Makna Surat Al Fatichah membuat hati Kiai Sholeh Darat luruh.

Dalam kertas putih, Kartini pun menggores Tinta, seperti dia memendam Cinta pada Ilmu dan sesamanya: “Al-Qur’an terlalu suci untuk diterjemahkan dalam bahasa apapun juga. Disini orang juga tidak tahu Bahasa Arab. Disini orang diajari membaca al-Qur’an, tetapi tidak mengerti apa yang dibacanya. Saya menganggap itu pekerjaan gila; mengajari orang membaca tanpa mengajarkan makna yang dibacanya”. Kritik tajam sekaligus curahan hati seorang Perempuan Kartini, pada sahabat penanya di Belanda, Stella EH Zeehandelaar. Ditulis pada 6 November 1899.

Melalui Kitab Tafsir Faidlur Rahman, Perempuan Kartini menenggelamkan diri dalam asyik-masyuk intelektualitas-spiritualitas. Litaratur Belanda sebelumnya seperti menemukan substansi dan konteks utuhnya, dari kedalaman makna ayat demi ayat dari Surat Al Fatichah dan Al Baqarah dalam Juz Satu Kitab itu, Wedding Gift yang sangat bermakna dari Sang Mushannif. Ayat 257 dari Surat Al Baqarah, begitu memesona. Mbah Kiai Sholeh Darat mampu menjadi penghantar terbukanya relung hati dan intelektual Perempuan Kartini tentang sejatinya kehidupan.

”Allah pemimpin orang-orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya. Dan orang-orang kafir, pemimpinnya adalah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya menuju kegelapan. Mereka itu adalah penghuni neraka. Mereka kekal didalamnya.” Susunan Bahasa Jawa seperti apakah yang telah ditulis Mbah Kiai Sholeh Darat untuk menerjemahkan dan menafsiri ayat tersebut, sehingga Perempuan Kartini bisa mendapatkan inspirasi bahwa keterkungkungan adalah kegelapan, namun kegelapan tak akan selamanya. Akan ada cahaya dari Tuhan, kalaupun sekarang gelap, maka akan ada benderang di ujung lorong sana, asalkan manusia menuhankan Tuhan, dan memanusiakan manusia.

Meminjam puisi Si Burung Merak, WS Rendra, Perempuan Kartini kini tak lagi meratapi kegelapan. Perempuan Kartini kini tersenyum menyalakan Lilin. Memang tak guna meratap gelap, ratapan tak memercik api. Tak ada guna berkeluh kesah, mengeluh tak akan mengantarmu ke jalan perubahan. Keyakinan Perempuan Kartini akan datangnya cahaya begitu kuat, hingga mendominasi wacana surat-surat terakhirnya sebelum wafat. Minadz Dzulumati Ilan Nur dalam ayat tersebut adalah Password, kata kunci hidup Perempuan Kartini. Dia tulis dalam bahasa Belanda: “Door Duisternis Tot Licht”. Ditulis kembali oleh Armyn Pane menjadi: Habis Gelap Terbitlah Terang.

Saya membayangkan Kartini seorang Santri Perempuan Cerdas di dalam pagar Ningrat Pesantren. Atau seorang istri shalihah yang terpagar sangkar emas, dijejali berjibun status sosial dan jutaan gelar aristokrasi agama. Putri Kerajaan yang jadi rikuh bergerak, justru karena jubah kebesaran, perhiasan emas dan mahkota super yang dikenakannya. Atau para aktivis yang seperti terbang bebas di luaran, namun terjun bebas akibat ribetnya Standart Operational Procedure sosio-kultural di sekitarnya. Kalau semuanya itu, dianggap sebagai kegelapan, maka Perempuan Kartini telah memberi kita uswah keyakinan. Kita akan bergerak dari Kegelapan menuju Cahaya Kegembiraan. Asal kita sabar dan teguh berjalan di Garis Tuhan. Perempuan Kartini telah menunjukkan pada kita, dimana sebenarnya Jalan Menuju Cahaya.

Jakarta, 14 Maret 2017
Hakim Jayli, CEO TV9 Nusantara
(Sumber: Majalau AULEEA, Edisi April 2017)

Comments

Popular posts from this blog

#tentangAyah: Gus Dur di Mata-Hati Alissa Wahid

Dalam kesempatan bertestimoni #tentangAyah, di nuansa Hari Ayah (Father’s day) yang biasa diperingati pada pekan ketiga bulan Juni, Alissa Qatrunnada Wahid, putri pertama KH. Abdurrahman Wahid bercerita tentang ayahanda tercintanya. Kesaksian Mbak Lisa melalui rangkaian tweet (yang sengaja saya sambung satu persatu) di jaringan social twitter, membuat para followernya (termasuk saya) termenung, terhenyak dan trenyuh, dengan kisah pandangan mata yang nyata di balik kebesaran nama almarhum. Gus Dur seorang yang sederhana, tidak berlebih secara materi, dan (yang terpenting) hatinya bersih, putih dan bening, sebening salafunas shalihin. Gus Dur adalah pejuang, mujahid untuk orang banyak. Jadi wajar kalau beliau dicintai khalayak. Kepada kita, Alissa berpesan agar pengikut dan pendukungnya bisa meneladani dan meneruskan perjuangan beliau. Berikut penuturan lengkap Alissa Wahid: Ayahku bukan hanya milikku. Anak ideologisnya banyak sekali. Membuatku merasa nyaman, karena d

Televisi dan Keresahan Para Kiai

Berbagai stasiun televisi lokal mulai bermunculan di Jatim. Di antara mereka, menyembul TV9 milik PW NU Jatim. Televisi itu lahir lantaran sejumlah kiai resah atas maraknya acara TV yang nilai-nilainya cenderung luntur. LAYAR televisi itu menyajikan gambar laki-laki tua dan muda duduk membawa rebana. Mereka mengenakan baju koko. Di sebelah gambar itu ada sosok pria dan wanita yang mengatupkan tangan sebagai tanda salam. Intinya adalah tulisan di antara dua gambar itu. Yakni, Santun Menyejukkan . Tagline tersebut ditampilkan pada 31 Januari saat TV9 diresmikan Gubernur Jatim Soekarwo di Jalan Raya Darmo 96. Bangunan itu merupakan kantor lama PW NU Jatim. Di bangunan itulah TV9 kini berkantor. Acara-acara stasiun anyar tersebut memang masih belum mengudara. Sebab, sejumlah peralatan masih dipersiapkan. Di antaranya, pemancar, antena, dan peralatan untuk memperkuat jangkauan tayang. Pemancar itu diletakkan di Kelurahan Sambisari, Sambikerep, berbaur dengan pemancar stasiun televisi

Sindikasi Media-Media NU

Liberalisasi ekonomi di Indonesia berakibat pada penguasaan sektor strategis oleh pihak swasta terutama swasta asing. Eksistensi kita sebagai bangsa menjadi terancam. Bila tak ada perlindungan memadai dari negara, maka bisa dipastikan rakyat Indonesia akan menjadi obyek langsung liberalisme dan kapitalisme dunia. Salah satu sektor strategis yang hampir sepenuhnya dikuasai swasta (domestik dan asing) adalah sektor media. Oligopoli industri media telah membawa Indonesia pada ancaman serius di bidang kebudayaan mengingat industri media lebih menempatkan aspek bisnis sebagai misi utama mengesampingkan aspek budaya baik berupa norma sosial maupun agama. Sinyalemen Pakar Komunikasi Massa Dennis Mc Quail: conten of the media always reflects who finance them (isi media apa kata siapa pemilik media) benar-benar terbukti. Ketika Media dimiliki oleh kaum kapitalis (sebagian di antaranya kapitalis media internasional), maka pesan yang keluar dari media (cetak, elektronik dan internet) lebih