Skip to main content

Jenaka Pangkal Sehat, Humor Bikin Sembuh

Sembuh tak harus via sentuhan tangan dingin dan resep dokter. Orang pesantren sangat yakin, setiap sakit akan ada obatnya. Kullu Da-in, Dawa-un. Lebih dari itu, bila kebetulan lagi sakit, maka para santri yakin, bahwa dia sedang menjalani ujian Tuhan. Maka kalau Allah yang mengujinya dengan sakit, maka Allah pulalah yang akan menyembuhkan. Di Alqur'an ayatnya begini: Fa idza maridltu, fahuwa yasyfin. Bila aku sakit, maka Allah yang akan menyembuhkan. 

Simpel bukan? Sebagai sub kultur, maka masyarakat santri tampak seperti 'seadanya' soal berobat. Belakangan sudah banyak yang menggunakan pendekatan medis. Walau belum bisa sepenuhnya meninggalkan pengobatan tradisional (jamu dan sejenisnya) serta pengobatan 'alternatif' minta air (suwuk), barakah fatihah dan doa para Kiai.

Seperti kisah ini. Saya mendengarnya sendiri dari Gus Munir, Jombangan Pare Kediri. Kisah tentang seorang santri dari Madura, namanya Saipul menghadap ndalem (kediaman) Kiai dengan membawa ayam jagonya, yang sedang 'kritis'. Jadi yang sakit itu, bukan dia sendiri. Tapi, ayamnya! Beneran? Tanya Gus Munir, sana... hehe...

"Ayam saya mohon didoakan, agar sembuh, Kiai," pintanya memelas, sambil menunduk. Satu butir air mata jatuh menerpa bulu ayam jago di pangkuannya.

Kiai pun iba dibuatnya.
"Ndi, kene...!" jawab Kiai, tanoa babibu lagi, sambil meminta ayam Jago itu.

"Bismillahirrahmanir rahim."
Kiai memulai...

"Tiiik, Pitiiiik. Nek iso waras, waraso. Nek gak iso waras, ndang matio...!"
(Hai Ayam, kalau bisa sembuh, sembuhlah, kalau tidak, ya mati saja!)

Saipul yakin dengan doa dan mantra dari Kiai. Dia memang tak memahami artinya, tapi diam-diam menghafalnya..

Keesokan hari, Saipul datang dengan wajah berbinar. Ayamnya sembuh. Tapi dia mendadak tergambar rona sedih di wajahnya. Kenapa? Dilihatnya Sang Kiao sedang rebahan lemas, di kursi tamu.

"Saya sakit, Pul. Gimana Ayammu?"
"Alhamdulillah. Berkat doa kiai, sekarang sembuh, Kiai."

Saipul pelan-pelan merengsek mendekat ke Kiai yang sedang rebahan. Dan Saipul memberanikan diri membalas kebaikan Kiai.

"Bismillahirrahmanir rahim" Saipul memulai doanya, menirukan sang Kiai, sehari sebelumnya. Walau awalnya kaget, Kiai diam saja, membiarkan Saipul beraksi.

Dengan suara lebih keras, Saipul melanjutkan:

"Tiiik, Pitiiiik. Nek iso waras, waraso. Nek gak iso waras, ndang matio...!"

Kiai tersentak, tak menyangka senjata makan tuannya sendiri.
"Iyo, iyo pul. Aku waras!"
Kiai langsung beranjak dari kursi, bergegas sehat seperti sedia kala.
Dan Saipul pun bahagia walau heran juga, kenapa manteranya semanjur ini.

Tuh, kaan..
Energi humor bisa juga menyembuhkan.

Comments

Popular posts from this blog

Obituari Kyai Mukhlason: 'Lentera' Itu Telah Padam

Namanya Kyai Muhlashon. Usianya sebaya dengan ayahandaku, 65-an tahun. Konon mereka berdua, satu pondok nyantri ke Kyai Jazuli, Ploso, Kediri. Karenanya, dia selalu baik padaku. Terasa sekali, kalau dia menganganggapku anak. Walau dia bungkus dengan sebuah penghormatan 'formal' padaku. Dia selalu memposisikan 'bertanya' kepadaku. Hanya karena dia pengurus MWC (pengurus NU di tingkat kecamatan). Sehingga merasa harus bertanya dan 'taat' pada kebijakan Pengurus Cabang. Acapkali aku merasa risih. Bukan hanya karena selisih umur yang hampir separuh, tetapi juga karena beliau syuriyah NU, pemegang kebijakan tertinggi di NU. Bahkan Rois Syuriyah. Sementara aku hanya tanfidziyah (pelaksana), dan itupun hanya sekretaris. Belum lagi, bila diperbandingkan 'jasa' beliau membina ruhani dan syari'at ummat. Waduh, gak ada apa-apanya. Aku hanya sebutir pasir di tengah gurun perjuangan yang dia jalani selama ini. Betapa tidak. Tiap malam, dia mengasuh pengajian ruti

Sindikasi Media-Media NU

Liberalisasi ekonomi di Indonesia berakibat pada penguasaan sektor strategis oleh pihak swasta terutama swasta asing. Eksistensi kita sebagai bangsa menjadi terancam. Bila tak ada perlindungan memadai dari negara, maka bisa dipastikan rakyat Indonesia akan menjadi obyek langsung liberalisme dan kapitalisme dunia. Salah satu sektor strategis yang hampir sepenuhnya dikuasai swasta (domestik dan asing) adalah sektor media. Oligopoli industri media telah membawa Indonesia pada ancaman serius di bidang kebudayaan mengingat industri media lebih menempatkan aspek bisnis sebagai misi utama mengesampingkan aspek budaya baik berupa norma sosial maupun agama. Sinyalemen Pakar Komunikasi Massa Dennis Mc Quail: conten of the media always reflects who finance them (isi media apa kata siapa pemilik media) benar-benar terbukti. Ketika Media dimiliki oleh kaum kapitalis (sebagian di antaranya kapitalis media internasional), maka pesan yang keluar dari media (cetak, elektronik dan internet) lebih

Televisi dan Cinta Kiai Nizar pada Gus Dur

Malam Ahad, 28 Shafar 1444 Hijriyah, bertepatan 24 September 2022, digelar peringatan 21 tahun wafat KH Nizar Hafidz, Pengasuh PP Hidayatullah, Tampung, Kalirejo, Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan. Saya mencoba mengenang sosok istiqamah, sabar, alim, dan sangat mencintai ilmu ini. Semoga menjadi ibarat dan isarat kebaikan bagi kita semua. Kiai Nizar adalah suami Bik Roh, bibi (adik abah) saya, Nyai Hariroh binti KH Birrul Alim. Karenanya, saya memanggil Kiai Nizar dengan Man Nizar. Man Nizar lama mondok di Sidogiri, era Kiai Abdul Jalil, Kiai Abdul Adzim hingga Kiai Kholil. Man Nizar diambil menantu untuk mengembangkan Pondok Tampung oleh Mbah Birrul Alim yang pernah menjadi pengasuh sementara Sidogiri saat transisi kepangasuhan dari Kiai Jalil ke Kiai Kholil Nawawi.  Mbah Birrul Alim sendiri menjadi pengasuh Pondok Tampung, karena sebagai santri senior di Pondok Sidogiri, diambil menantu Mbah Tolchah Tampung, dinikahkan dengan Nyai Masniyah (ibu abah saya, Kiai Muzakki). Begitulah tra